Selasa, 12 Oktober 2010

sepeda rangka silang & gazelle kruisframe 9X

SEPEDA RANGKA SILANG (Kamis, 22/5/08 - idham)
Dari berbagai varian sepeda crossframe yang pernah beredar di dunia ini, hanya beberapa merek yang tergolong fenomenal sebagai berikut:
Gazelle Kruisframe 9X
Gazelle Kruisframe 8V Tahun 1941
Juncker Kruisframe
Simplex Kruisframe 1960-an (Setang Model FPG)
Simplex Neo
Simplex Zweefiets
Locomotief

sepeda gazelle seri 9

Spesifikasi:
-Seri 901840 invicta ( tahun 1954 )
-model rem tromol
-stang gazelle model pisah (bukan yg otomatis)
-lampu bosch bulat, dinamo bosch
-spakbor bawaan
-velg bawaan
-gir gazelle yang model kijang lompat
-sadel terry
-boncengan five rams
-standar koba
-ban hitam putih deli tire
-kayuhan gazelle, pedal roc
-sepeda rapi dan bersih, terawat deh

plus BONUS:
-Tas pistol tengah
-bel christophore jerman

Bisa dilihat fotonya

Pameran sepeda onthel kuno

Pameran sepeda onthel kuno Indische Fietsen 2010 yang digelar dalam rangka HUT Kompas ke 45 dan juga pemanasan acara Djogja Onthel Carnival 2010 oleh Podjok cukup mendapat perhatian dari khalayak pecinta sepeda. Acara yang digelar di bentara Budaya Yogyakarta ini berlangsung dari tanggal 22-30 Juni 2010.

SEPEDA ONTHEL MASA KINI

Dari sekian merek sepeda onthel yang pernah beredar di Indonesia, barangkali hanya ada beberapa merek yang masih bertahan sampai sekarang misalnya Gazelle, Batavus, Simplex, Union, dan Raleigh. Namun, dari ketiga merek tersebut, hanya merek-merek Belanda yakni Gazelle dan Batavus yang masih memproduksi tipe sepeda onthel.
Di Belanda, sepeda masih menjadi alat transportasi yang dominan dalam kehidupan masyarakat. Kota-kota di Belanda yang luasnya tanggung, membuat orang lebih suka naik sepeda dibandingkan mobil atau motor. Sepeda onthel di Belanda memiliki julukan unik yakni opafiets (sepeda pria) dan omafiets (sepeda wanita) . Julukan ini barangkali lahir dari sejarah sepeda onthel yang cukup panjang, sehingga sepeda tipe ini cukup populer sejak seabad silam.
Bagaimana tampang sepeda onthel masa kini? Berikut ini adalah model terkini dari sepeda onthel Gazelle dan Batavus. Secara struktural, bentuk dan teknologinya tidak banyak berubah. Secara umum terdapat 2 varian yakni tipe kecepatan tunggal dan tipe 3 kecepatan. Gazelle memiliki 2 model yang dikenal sebagai model Gazelle Basic (jenis wanita) dan model Gazelle Toer Populair (jenis pria dan wanita) sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.
Sedangkan Batavus hanya memiliki dua model yakni Batavus Favoriet dan Batavus Old Dutch, sebagaimana terlihat di bawah ini. Kedua merek di atas secara umum dapat dibedakan dari tinggi setang Batavus yang relatif lebih tinggi dibandingkan setang Gazelle.

Pencinta sepeda onthel

Selamat datang di situs penggemar sepeda onthel. Sepeda Onthel atau juga terkadang disebut sebagai sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan sampai tahun 1970-an. Berbagai macam merek sepeda onthel beredar di pasar Indonesia, pada segmen premium terdapat merek Fongers dan Gazelle, kemudian segmen dibawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips. Sepeda ini mempunyai klasifikasi gender yang tegas antara sepeda pria dan sepeda wanita, kemudian memiliki 3 varian ukuran rangka standar yakni 57, 61 dan 66 cm.
Kemudian pada tahun 1970-an keberadaan sepeda onthel mulai digeser oleh sepeda jengki yang berukuran lebih kompak baik dari ukuran tinggi maupun panjangnya dan tidak dibedakan desainnya untuk pengendara pria atau wanita. Waktu itu sepeda jengki yang cukup populer adalah merek Phoenix dari China. Selanjutnya, Sepeda jengki pada tahun 1980-an juga mulai tergeser oleh sepeda MTB sampai sekarang.
Sepeda Onthel kemudian secara perlahan lebih banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan sampai sekarang. Akhirnya ketika sepeda onthel karena usianya dan kelangkaan, telah berubah menjadi barang antik dan unik, maka mulailah situasi berbalik. Sepeda onthel yang dulunya terbuang, sekarang pada tahun 2000-an justru diburu kembali oleh semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa sampai pejabat. Orang Jawa mengatakan inilah "wolak-waliking jaman".
Keranjingan masyarakat terhadap sepeda onthel adalah tepat bersamaan dengan berkembangnya ancaman global warming. Bisa jadi ketika, BBM semakin mahal dan polusi udara semakin tidak terkendali, komunitas sepeda onthel akan menjadi salah satu garda terdepan untuk mensosialisasikan kembali pentingnya naik sepeda. Sepeda yang dulunya dianggap kuno dan udik, barangkali akan kembali menjadi alat transportasi utama di masa mendatang. Selamat menikmati.